WWW.MERAIHMIMPI3.BLOGSPOT.COM. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Cara Membuat Huruf Efek Air Dengan Photoshop

Setelah lama tidak posting artikel tutorial Photoshop, kembali sekarang saya hadirkan tips tentang Photoshop. Dalam kesempatan ini saya akan coba terangkan bagaimana Cara Membuat Huruf Efek Air Dengan Photoshop. Dalam tutorial ini saya memakai Photoshop CS5, namun untuk Photoshop versi berapapun anda tetap bisa mempraktekkannya. Langkah ini termasuk cara mudah dan cocok bagi pemula, yang masih belajar Photoshop seperti saya. Untuk masalah kreatifitas saya serahkan kepada anda, disini saya hanya memberikan garis besarnya saja. Sebelum menginjak ke permasalahan untuk mempermudah praktek efek air ini, sebaiknya anda sedot dulu background yang saya jadikan praktek dalam tutorial disini. Klik disini . . . !
Te-Ka-Pe . . . :)
Satu : Setelah anda sedot background yang akan dijadikan praktek dalam toturial ini, silahkan Ekstrak dulu. Buka program Photoshop-nya dan pada Menu klik File > Open atau tekan Ctrl+O pada Keyborad. Cari hasil sedot yang sudah anda Ekstrak, hasilnya seperti yang terlihat pada gambar di bawah :
Dua : Sekarang buatlah huruf dengan cara klik Horizontal Type Tool pada Tool Box atau tekan huruf T pada Keyboard.
Tiga : Pada Property Bar tentukan tiga hal seperti yang terlihat di bawah. Set the font family (disini saya memakai jenis font BRIGETTE) Set the font size (disini saya mamakai ukuran huruf 200 pt) Set the text color (ini harus warna hitam).
Empat : Klik pada area kerja untuk memulai pengetikan, dan ketik AIR SEHAT ! (hanya contoh).
Lima : Setelah selesai mengetik huruf, otomatis akan terbuat sebuah layers teks baru dengan nama sesuai dengan yang kita ketik. Selanjutnya beri nilai 0% pada Fill yang terletak pada Palette Layers dan Layers Teks. Lihat gambar !
Enam : Yang aktif masih Layers Teks pada Palette Layers, lalu klik kanan pada Layers Teks dan pilih Blending Options.
Tujuh : Sekarang yang terlihat oleh anda adalah kotak dialog Palette Styles. Lakukan pengaturan dan disini saya hanya memberikan pengaturan yang disesuaikan dengan corak background yang dipakai.
Klik atau Centang pada Drop Shadow, untuk pengaturannya lakukan seperti yang terlihat pada gambar di bawah :
Klik atau Centang pada Inner Shadow, untuk pengaturannya lakukan seperti yang terlihat pada gambar di bawah :
Klik atau Centang pada Bevel and Emboss, untuk pengaturannya lakukan seperti yang terlihat pada gambar di bawah :
Delapan : Setelah selesai melakukan tiga langkah pengaturan diatas, lalu untuk memudahkan dalam pengaturan selanjutnya dalam hal memberi efek air pada huruf atau objek yang dipilih, simpan pengaturan Palette Styles dengan cara klik New Style…
Sembilan : Beri nama Style, untuk contoh saya beri nama Styles Air. Klik OK, dan klik OK juga pada kotak dialog Styles.
Sepuluh : Untuk mengaktifkan sekaligus melihat style yang telah kita buat, pada Menu klik Window dan aktifkan Styles.
Sebelas : Maka akan tampil sebuah Palette Styles dan style yang telah kita buat tadi akan tampil pada style paling akhir. Lihat gambar dibawah ! Klik disitu untuk mengaktifkan.
Duabelas : Sejauh ini hasilnya sudah ada perubahan pada huruf yang telah diketik. Lihat gambar dibawah !
Tigabelas : Agar gambar terlihat nyata atau lebih banyak efek airnya, tambahkan bintik-bintik air. Disini saya menggunakan tool Freeform Pen Tool yang berada pada Tool Box.
Empatbelas : Setelah mengaktifkan tool Freeform Pen Tool, klik juga Shape layers pada Property Bar. Lalu gunakan kreatifitas anda, buatlah bintik-bintik air untuk melengkapi tampilan efek air pada huruf.
Berikut hasil akhir dari Cara Membuat Huruf Efek Air Dengan Photoshop.
Selamat mencoba dan semoga bermanfa’at . . .
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Anonim mengatakan...

artikelnya mantab banget gan . . . :)

Posting Komentar