WWW.MERAIHMIMPI3.BLOGSPOT.COM. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Tips Untuk Mencari Lokasi Virus Di Komputer

See you Sobat...
Capek juga ngetik postingan ini. Tapi akhirnya siap juga sob...
Puas rasanya kalo postingan ini bisa membantu sobat blogger sekalian...
Dipostingan ini ane mau kasih tips bagaimana caranya mengetahu lokasi virus-virus dikomputer. Ane minta maaf ya kalo penulisan postingan ane ini agak gimana gitu.. hehehe.. namanya juga usaha..


  1. Tools/ Program yang diperlukan yaitu Autoruns yang merupakan bagian dari tools SysinternalsSuit. Selengkapnya bisa dilihat disini ( http://www.microsoft.com/tehnet/sysinternals/default.mspx )
  2. Untuk melakukan pengecekan, buka autoruns, kemudian pilih tab Logon. Daftar yang ditampilkan merupakan file-file atau program yang berjalan bersama Windows ketika kita mengaktifkan computer. Jika ada file-file yang aneh atau tidak penting, maka bisa dinonaktifkan dengan menghilangkan tanda cek. Namun hati-hati, jangan salah menonaktifkan program, karena bisa berakibat Windows tidak akan berjalan
Berikut beberapa daftar yang merupakan program atau aplikasi yang dimiliki Windows dan sebaiknya tetap dibiarkan, jangan dihilangkan tanda cek-nya
  • rdpclip, merupakan aplikasi utama yang menangani masalah Copy File. Menyediakan fungsi bagi Terminal Service Server yang mengijinkan Copy dan Paste antara Server dan Client. Program ini penting untuk kestabilan dan keamanan computer.
  • userinit, merupakan kunci proses pada sistem operasi Windows. Pada proses boot-up, aplikasi ini mengatur urutan start up yang diperlukan, seperti koneksi jaringan dan Windows Shell.
  • explorer, merupakan Program Manager atau Windows Explorer. Aplikasi ini mengatur Tampilan Windows, Menu, Start, Taskbar, Desktop, dan File Manager. Jika dimatikan, maka tampilan Windows tidak akan muncul.
  • ctfmon, merupakan proses aplikasi yang dimiliki Microsoft Office, mengatur masalah Alternative User Input Text Input Prossesor (TIP) dan Microsoft Office XP Language Bar. Program ini tidak harus jalan, tetapi sebaiknya tidak dimatikan.
  1. Ketiga file pertama diatas merupakan aplikasi yang biasanya selalu ada pada sistem operasi Windows (kecuali Windows 9x/ME yang mungkin hanya userint dan explorer), dan seharusnya dibiarkan saja. Sedangkan aplikasi keempat muncul jika terdapat aplikasi Microsoft Office pada sistem. Penting diperhatikan bahwa dua aplikasi pertama diatas (rdpclip dan userint) lokasinya (Image Patch) ada di C:\Windows\System32\, aplikasi explorer ada di folder C:\Windows, sedangkan ctfmon ada di folder C:\Windows\System32, dengan asumsi kita menginstall Sistem Operasi di Drive C:
  2. selain keempat file diatas, bisa dicermati lokasi filenya dikolom Image Patch, apakah file tersebut merupakan Anti Virus, Anti Spyware, Sound Manager, Tools untuk printer, dan sebagainya. Jika ada aplikasi yang lokasinya ditempat aneh atau di C:\Windows\System32 dan kita tidak mengenalinya atau tidak pernah menginstall aplikasi tesebut, bisa jadi itu adalah VIRUS
Jika isobat ngin mengetahui deskripsi suatu proses aplikasi, silahkan buka http://www.processlibrary.com
selamat mencoba sob...
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar