WWW.MERAIHMIMPI3.BLOGSPOT.COM. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Robot anjing

NSK sebuah perusahaan Jepang telah menunjukkan prototipe  anjing pemandu robot yang berfungsi yang suatu hari nanti akan bisa digunakan untuk membantu orang tunanetra. Robot yang sama ini sebelumnya telah ditampilkan dalam lingkungan laboratorium. Praktisnya robot ini akan menjadi pengganti untuk anjing pemandu  yang membutuhkan pelatihan yang panjang, lama dan mahal yang bisa berbulan-bulan.

Jelas, anjing nyata memiliki manfaat besar: karena datang dengan  kecerdasan yang memungkinkan mereka untuk bergerak, dan bereaksi terhadap situasi yang bukan “bagian dari program”. NSK berpikir bahwa robot kemungkinan  layak diimplementasikan dan hasilnya adalah sangat menarik.
Dalam menangani masalah  mobilitas, NSK menggunakan Kinect, sensor gerak Microsoft untuk mendeteksi dan menganalisa rintangan sulit seperti tangga. Kemudian ada masalah kesadaran kinestetik di mana robot harus merasakan apa yang ada di sekitar kakinya. Untuk hal itu, NSK menggunakan sensor proximity yang mungkin tidak begitu berbeda dari yang kita miliki di smartphone.
Hasil akhirnya adalah sebuah robot berkaki empat yang dapat menaiki tangga, meskipun perlahan-lahan. Robot menyediakan alat untuk bantuan untuk manusia pemiliknya, dan seperitnya memberikan pegangan yang kuat juga. Pada saat ini, NSK telah bekerja pada faktor-faktor utama yang penting seperti kemampuan gerak, kesadaran akan lingkungan sekitarnya.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar