WWW.MERAIHMIMPI3.BLOGSPOT.COM. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Sambas Siap Wujudkan Pakta Integritas


Pemerintah Daerah Kab Sambas siap wujudkan penandatangan dokumen pakta integritas secara berjenjang. Diinformasikan Kabag Bagian Humas PDE dan Sandi, H Rusniardi SPD I melalui Kasubbag Humas Ilham Jamaludin Ssos dalam rilis resmi bagian Humas PDE dan Sandi, Kamis (29/3), penandatangan dokumen itu dijadwalkan mulai Jum’at (30/3) di Aula Utama Kantor Bupati Sambas.
Upaya itu jelas Ilham, berdasarkan Permenpan Nomor 49 Tahun 2011 tentang Pedoman Umum Pakta Integritas di Lingkungan Kementrian atau Lembaga dan Pemerintah Daerah dan Surat Sekretaris Menteri PAN dan RB Nomor : B/3905/S.PAN-RB/12/2011 tanggal 28 Desember 2011. “Pelaksanaan Pakta itu diwajibkan bagi Pimpinan Pemerintah Daerah, para pejabat serta seluruh PNS dilingkungan Pemerintah Daerah yang didahului dengan Penandatanganan Dokumen Pakta Integritas,” ujar Ilham.
Tujuannya papar dia, memperkuat komitmen bersama dalam pencegahan dan pemberantasanm korupsi. Tujuan lainnya tambah dia menumbuhkembangkan keterbukaan dan kejujuran serta memperlancar pelaksanaan tugas yang berkualitas, efektif, efisien dan akuntabel. “Langkah ini juga bertujuan mewujudkan pemerintah dan masyarakat Indonesia yang maju, mandiri, bertanggung jawab dan bermartabat dengan dilandasi nilai-nilai luhur budaya bangsa, Undang-undang Dasar 1945 dan Pancasila,” tegas dia.
Penandatangan dokumen pakta integritas oleh Pejabat atau PNS, diungkapkan Ilham dilakukan secara berjenjang dilingkungan SKPD masing-masing, khusus Inspektur Kabupaten, selain penandatanganan dokumen, juga diminta membentuk Forum Pemantau Independen guna melakukan pengawasan berupa pemantauan terhadap pelaksanaan pakta integritas. Forum itu sebut dia dapat beranggotakan dari unsur-unsur yang mewakili LSM anti korupsi atau tokoh masyarakat, perguruan tinggi dan dunia usaha. “Untuk kepala BKD, diharapkan melaksanakan penandatanganan Dokumen pakta integritas pada saat pelantikan pejabat bersamaan dengan penandatanganan sumpah jabatan,” ungkap Ilham.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar